Suasana Akademik Komunitas GAFE Administrasi Perkantoran

Suasana Akademik Komunitas GAFE Administrasi Perkantoran

WEDU Dendar, Pontianak. Suasana Akademik Komunitas GAFE Administrasi Perkantoran tampak antusias dalam topik bahasan dan asesment pembuatan time schedul laporan administrasi kantor berbasis cloud google calendar. Kelas praktek pengantar komputer ini berlangsung pada 3 November 2017 di laboratorium komputer FISIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Suasana Akademik Komunitas GAFE Administrasi Perkantoran

Google Apps For Education (GAFE) yang didedikasikan Google untuk kepentingan dunia pendidikan sesungguhnya banyak menyimpan alat pengolahan data yang cocok untuk memenuhi kebutuhan pembelajar maupun pekerja informasi.

Namun karena orientasi pengguna umumnya ‘lebih terpatri’ pada google sebagai email atau mesin pencari (populer disebut: tanya mbah google), maka aplikasi lain dengan spesifikasi fungsi beragam, kurang diminati.

Google Calendar adalah satu dari sekian banyak aplikasi google yang mungkin kurang dilirik. Padahal aplikasi ini tergolong canggih dan amat membantu pengolahan jadwal kegiatan ataupun agenda lainnya.

Sifatnya yang daring dan interoperabel, membuat GCalendar dapat memberikan notifikasi keperangkat smartphone sebagai reminder jadwal kegiatan yang penting bagi penggunanya.

Secara teknis, GCalendar dapat digunakan untuk penjadwalan harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Setiap masukan data dapat dirincikan menurut waktu, lokasi (integrasi Google Map), deskripsi, video call, warna label dan banyak lagi.

Sajian GCalendar juga dapat dikonversi ke bentuk agenda, pdf dengan cara yang mudah. Hal ini lah yang kiranya membuat pembelajar di kelas pengantar komputer administrasi kantor  begitu antusias, hingga tak terasa jam kuliah sudah lewat hampir satu jam.

Komunitas GAFE ini juga ditantang untuk dapat memadukan GCalendar dengan aplikasi GDrive dan MOODLE untuk penyerahan tugas mereka pada portal e-learning FISIP Untan (elFISTA).

Semua anggota kelas berhasil melalui setiap tahap prosedural pelajaran dan praktek mereka hingga sukses pada tahap penyerahan tugas. Satu persatu mahasiswa baru angkatan 2017 Administrasi Perkantoran D3 FISIP Untan ini mengecek layar monitor yang ditampilkan dosen.

Mereka ingin memastikan apakah pekerjaan mereka telah berhasil masuk ke sistem MOODLE elFISTA dengan benar. Suasana begitu ceria penuh semangat saat mereka mengetahui tugas mereka berhasil diterima sistem, sebaliknya yang gagal tak mau kalah, untuk terus mencoba kembali hingga pengiriman tugas daring mereka berhasil.

Tampaknya, inilah suasana akademik yang dibutuhkan komunitas pembelajar untuk mendapatkan pemahaman substantif akan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Suatu iklim belajar yang perlu didorong agar semakin mendekati prinsip-prinsip pembelajaran yang dituntut dalam Perguruan Tinggi, yakni:

INTERAKTIF, HOLISTIK, INTEGRATIF, SAINTIFIK, TEMATIK, KONTEKSTUAL, EFEKTIF, KOLABORATIF, DAN BERPUSAT PADA MAHASISWA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.